Dalam berbagai kasus, langkah ini sangat efektif untuk menghilangkan berita negatif dari halaman pertama hasil pencarian. Bonusnya adalah memperkuat nama/merek korporasi/Anda, sekaligus juga mempromosikan bisnis Anda dengan munculnya berita positif di halaman 1 Google.

Berikut ini, adalah sejumlah strategi dan taktik untuk menggeser berita negatif, yaitu :

  1. Menyiapkan profil web 2.0 peringkat tinggi dan membuatnya tetap aktif
  2. Mulai blog pribadi atau perusahaan dan posting konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan
  3. Menerbitkan siaran pers pada properti web peringkat tinggi
  4. Menerbitkan jenis media lain, seperti video, wawancara, podcast, dll.
  5. Mengoptimalkan konten yang sudah Anda miliki (yaitu profil LinkedIn Anda)
  6. Menjadi poster tamu di situs web pihak ketiga yang kredibel.

Hadapi Berita Negatif Secara Profesional

Hal yang paling penting untuk diingat ketika berhadapan dengan berita negatif di dunia internet adalah memiliki rencana, secara rasional, dengan sikap yang profesional.

Memang bisa dipahami, jika Anda merasa tersengat listrik yang mudah memicu kemarahan dan kegelisahan ketika membaca berita negatif tentang bisnis/Anda. 

Namun alangkah baiknya, jika hal yang negatif disalurkan menjadi energi positif yang bisa menciptakan strategi untuk menghilangkan atau menekan berita negatif.

Bisa dengan melakukan klarifikasi atas semua berita negatif yang tidak benar dengan menggunakan Hak Jawab yang telah disediakan media online. Bisa juga dengan menghapus atau menggeser berita negatif di hasil pencarian.

Jika memilik tim yang mumpuni, silahkan dipilih alternatif yang tepat diantara kedua solusi itu. Bisa juga kedua solusi itu dilakukan berbarengan. Jadi saling melengkapi dan hasilnya pasti akan lebih maksimal.

Namun, jika Anda tidak yakin upaya yang dilakukan akan berjalan secara optimal dan sukses, sebaiknya Anda menyerahkan urusan ini kepada ahlinya, yaitu seorang pakar Online Reputation Manajement (ORP) atau manajemen reputasi online. Semoga sukses. (*)


Budi Purnomo S.IKom, M.IKom pernah memimpin Media Center sejumlah tokoh nasional, dan berpengalaman menangani masalah krisis citra, persepsi publik, dan reputasi : baik korporasi swasta, perusahaan publik, maupun BUMN. Tulisan-tulisannya seputar manajemen reputasi dan restorasi citra bisa dilihat di blog Budipurnomo.com

Kini, Budi Purnomo bersama tim Rep+ (Reputasi Plus) – Media Restoration Agency, dan tim Master SEO Indonesia, menyediakan waktu untuk membantu personal dan korporasi/instansi yang menghadapi masalah komunikasi dengan pendekatan Crisis Management (CM), Cyber Public Relations (CPR), Online Reputation Management (ORM), dan Image Restoration Theory (IRT).