Sebagian besar media online akan memiliki halaman “Kontak” agar pembaca dapat meninggalkan pesan. Sebagian wartawan juga biasanya mencantumkan akun media sosial pribadi (atau alamat email) agar pembacanya bisa berinteraksi atau berhubungan.

Namun, jika tidak ada fasilitas metode kontak yang tersedia, coba lakukan pencarian Google untuk nama mereka dan lihat apakah namanya ada di profil media sosial (facebook, twitter, instagram) yang dapat Anda hubungi.

Jika sudah mendapatkan alamat kontak jurnalis atau editor yang bisa dijangkau, maka Anda harus mengetahui tata krama berkomunikasi dan tata cara berhubungan dengan pers yang baik.

Sama saja dengan kehilangan kesempatan untuk menghapus berita berita negatif dan malahan menambah masalah jika Anda arogan, bertanya dengan cara yang tidak sopan, apalagi sampai mengancam jurnalis.

Secara historis, situs berita media online memiliki cenderungan menghapus berita lama daripada yang lebih baru. Jika demikian adanya maka memudahan Anda untuk mencoba menghapus berita negatif.

Penting untuk dicatat bahwa Anda biasanya hanya memiliki satu kesempatan untuk menghapus artikel berita negatif. Memang tidak gampang bernegosiasi dengan media online, seperti yang saya sampaikan berkali-kali di atas.

Menggeser Berita Negatif

Dalam realitasnya, sebagian besar situs berita atau media online tidak akan menghapus berita negatif, menghapus indeks, atau menghapus nama Anda dari berita. Anda berada pada posisi awal lagi, di mana Anda harus mencari strategi dan solusi alternatif. 

Strategi terbaik berikutnya untuk mengurangi dampak terhadap reputasi akibat berita negatif adalah dengan menggeser hasil pencarian Google dari halaman satu. Biar tidak terlihat, harus didorong ke halaman belakang (halaman 2+) yang jarang dijangkau.

Istilah teknis untuk proses ini adalah “penekanan mesin pencari”, yang melibatkan pembuatan beberapa jaringan web positif baru untuk menggeser berita negatif dengan berita positif. Makin jauh berita negatif dari halaman utama Googe, makin naik.

Jangka waktu yang diperlukan untuk menekan berita negatif ke halaman 2+ dari Google sangat bervariasi dan tergantung pada beberapa faktor.