Kedua, Faktor Otoritas Domain. Setiap situs di Internet memiliki tingkat “kepercayaan” atau ” otoritas domain ” tertentu di Google.  Sehingga semakin tinggi otoritas domain situs, maka semakin tinggi pula peringkat situs dalam hasil pencarian. 

Mayoritas media online (situs web terkait berita) terutama media mainstream (utama) sangat dipercaya oleh Google. Ini juga, merupakan salah satu alasan mengapa berita negatif dapat dengan cepat mencapai peringkat teratas hasil pencarian.

Ketiga, Faktor Viralitas Link. Tidak jarang artikel berita negatif menjadi viral dan menyebar kemana-mana, karena dibagikan secara serentak ke berbagai media sosial, blog, forum, dan sebagainya. Belum lagi, media online non mainstream yang ikut menerbitkan kembali berita negatif tersebut. 

Ketika situs lain menautkan ke artikel negatif asli, itu sama dengan menginformasikan kepada Google bahwa berita tersebut memiliki nilai bagi pengguna Google, dan mestinya mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Bagaimana Menghapus Berita Google?

Jika Anda berhadapan dengan masalah berita negatif yang berperingkat tinggi di Google, terpikir oleh Anda untuk menghapusnya. Ada tiga opsi pilihan yang bisa dilakukan untuk menghapus berita (tautan negatif) dari hasil pencarian.

Opsi Penghapusan Total. Jika pemilik atau admin media online (situs berita) yang menerbitkan berita negatif setuju untuk sepenuhnya menghapus, maka tautan yang terkait juga akan dihapus dari hasil pencarian. 

Itu adalah skenario yang ideal dan opsi terbaik. Jika situs setuju menghapus sepenuhnya berita negatif maka, jika link diklik akan muncul, “404 halaman”.

Opsi Pengindeksan Ulang. Jika berita negatif dideindeks, maka tautan yang terkait dengan berita tersebut akan dihapus sepenuhnya dari hasil mesin pencari. 

Seperti diketahui, masalah utama dengan berita negatif adalah belum tentu fakta bahwa berita itu ada, tetapi yang sudah jelas faktanya ada adalah berita negatif tersebut sangat terlihat dalam hasil pencarian. 

Dalam kebanyakan kasus, meskipun memiliki tautan ke berita negatif tetapi jika tidak diindeks, maka sama bagusnya dengan penghapusan total.