Selain itu, semua info rencana corporate action yang dilakukan di pasar modal sepenuhnya merupakan transaksi yang dilakukan oleh perusahaan publik yang tercatat di bursa efek, sehingga dilakukan secara transaran, sesuai dengan aturan pasar modal, terutama soal keterbukaan informasi publik dan good corporate governance.

Karena itu, sebagai bagian dari keterbukaan informasi publik, sebaiknya semua informasi tertulis terkait isu Jiwasraya dan Benny Tjokro sebaiknya dilaporkan juga ke bursa efek agar tidak menimbulkan spekulasi ataupun sentimen yang mempengaruhi harga saham di pasar modal.

Perkuat dengan Online Reputation Management (ORM)

Dengan langkah-langkah restorasi citra di atas mestinya bisa menjadi jalan terbaik untuk pemulihan citra. Sekaligus memperjelas konten dan konteks pemberitaan seputar Jiwasraya yang terkait dengan Tahir.

Namun demikian, jika masih ada kekhawatiran kemungkinan adanya gangguan terhadap nama baik, reputasi, atau citra, sebaiknya manfaatkan strategi Online Reputation Management Reputation (ORM).

Penggunaan strategi dan teknologi dalam ORM terbukti sangat efektif untuk pemulihan citra dan restorasi reputasi. Secara prinsip, ORM memanfaatkan teknik Search Engine Optimation (SEO).

Goalnya, adalah menggeser pemberitaan yang tidak sesuai di situs mesin pencari, dan akhirnya mengedepankan berita terbaik di halaman 1 Google. Citra/reputasi pulih kembali, jika tidak ada berita negatif di halaman 1 Google. (*)


Budi Purnomo S.IKom, M.IKom pernah memimpin Media Center sejumlah tokoh nasional, dan berpengalaman menangani masalah krisis citra, persepsi publik, dan reputasi : baik korporasi swasta, perusahaan publik, maupun BUMN. Tulisan-tulisannya seputar manajemen reputasi dan restorasi citra bisa dilihat di blog Budipurnomo.com

Kini, Budi Purnomo bersama tim Rep+ (Reputasi Plus) – Media Restoration Agency, Sapu Langit Communications, dan tim Master SEO Indonesia, menyediakan waktu untuk membantu personal dan korporasi/instansi yang menghadapi masalah komunikasi dengan pendekatan Crisis Management (CM), Cyber Public Relations (CPR), Online Reputation Management (ORM), dan Image Restoration Theory (IRT).