NAMA baik itu sangat mahal, harus dijaga. Rekam jejak digital memang sangat kejam, data online akan mudah ditemukan di Google, selama file tersebut ada di server penyaji konten.

Jika hal itu yang terjadi, maka nama baik atau reputasi anda tercoreng di internet. Tentu sangat mengganggu, malah bisa bikin tidak bisa tidur.

Menghadapi persialan itu, cara yang tepat, adalah mengambi solusi Google Reputation Management. Kami juga menyebutnya Online Reputation Management (ORM). 

Dengan demikian jika dunia online tercemar oleh nama Anda yang rusak gara-gara video YouTube, berita di koran online, atauu posting pada blog milik NGO hingga Blogger, dapat segera diatasi dengan baik.

Poinnya, jngan abaikan, jika nama baik anda, perusahaan atau merek dagang Anda rusak. Biaya memulihkan nama baik lebih mahal dari biaya yang harus digelontorkan untuk menjaga nama baik.

Singkirkan berita miring, sajikan data yang negatif, tampil dengan informasi positif. Segera hubungi ahli yang sudah berpengalaman menangani masalah seperti itu.

Cek rekam jejaknya sebagai ahli SEO, Cyber Public Relations maupun ORM (Online Reputation Management) atau Google Online Reputation Management.

Mereka akan menata hasil laman pencarian situs penjejak sesuai dengan informasi yang ingin disajikan, sampai dengan nama baik dan reputasi pulih. Selanjutnya, anda tinggal mengangkat citra saja.

SUMBER : Charliesianipar.com, Master SEO Indonesia.

(*) Konten negatif,  berita negatif, dan hoaks dapat merusak nama baik, mengganggu reputasi, dan meruntuhkan citra Anda. Diperlukan strategi manajemen reputasi (online dan public relations) yang tepat untuk memulihkan nama baik, menjaga reputasi, dan kemudian mengangkat citra institusi/personal Anda.

Budi Purnomo S.IKom, M.IKom bersama tim Rep+ (Reputasi Plus) dan tim Master SEO Indonesia, siap membantu institusi/personal yang menghadapi masalah komunikasi dengan pendekatan Crisis Management (CM), Cyber Public Relations (CPR), Online Reputation Management (ORM), dan Image Restoration Theory (IRT).

Baca juga, tulisan-tulisan Budi seputar solusi komunikasi, strategi public relations, manajemen reputasi, dan upaya-upaya restorasi citra, serta informasi lainnya di official weblognya, Budipurnomo.com