PENGGUNAAN teknik SEO ( Search Engine Optimation) sangat berperan penting bagi semua bisnis yang ingin dikenal di media daring (dalam jaringan) atau online.

Terlebih bagi toko online yang menjual beberapa atau satu jenis produk khusus. SEO akan menjadikannya mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Secara langsung akan meningkatkan penjualan dan bersifat sustainable tanpa terus mengeluarkan biaya iklan (digital ads).

Penggunaan teknik semacam ini ibarat sebuah kompetisi, siapa yang memiliki jurus terbaik dia akan berada pada halaman pertama pencarian Google. Mempelajarinya pun butuh waktu bertahun-tahun agar bisa menerapkan SEO yang komprehensif dan berdaya ungkit tinggi.

Bahkan sebagian pebisnis profesional lebih suka menyerahkan bagian ini pada pakar yang telah berpengalaman. Jika bermitra dengan pakar atau master SEO yang piawai atau profesional tentu akan mengarahkan anda pada hal-hal teknis yang harus diketahui.

Seperti pada saat upload produk di toko online. Mulai dari ukuran gambar, deskripsi, tittle gambar hingga penempatan judul dan deskripsi produk. Sehingga penggunaan SEO on page berlangsung maksimal.

Terutama pada bagian penentuan nama produk untuk dioptimasi. Berikut ini berbagai tips dari penyedia layanan jasa SEO di Indonesia untuk melakukan optimasi pada nama atau judul produk:

1. Sesuaikan dengan kata kunci yang diinginkan

Judul paling baik adalah yang mengandung kata kunci (keywords). Tidak berbeda dengan konten artikel atau yang lainnya, penggunaan judul produk juga sangat disarankan mengandung kata kunci.

Misalnya, produk yang dijual adalah celana panjang khusus pria. Gunakanlah judul yang mengandung kata “celana panjang pria” dan sebagainya.

2. Buatlah nama yang sederhana dan mudah dimengarti.

Selain berhubungan dengan teknik SEO perihal penempatan kata kunci, judul juga harus mudah dimengerti dan dipahami oleh calon konsumen.

Gunakan kata-kata sederhana agar tidak membuat orang rancu mengetahui jenis produknya. Jika perlu tuliskan secara spesifik produk yang dijual.

3. Hindari penggunaan kode produk di awal nama.

Kode produk memang memudahkan kita saat ada transaksi beli pada Website toko online. Namun jika digunakan secara berlebihan justru membuat teknik SEO tidak bekerja dengan baik dan bukan cara yang digunakan pengguna internet untuk menemukan sesuatu di situs pencari.

4. Lakukan varisasi kata kunci untuk mendapatkan target lebih banyak

Variasi kata kunci juga seringkali dibutuhkan untuk meraih target calon pelanggan lebih luas. Kadangkala kita terlalu menargetkan kata kunci pada hal yang sangat spesifik sehingga tidak bisa explore lebih dalam.

Misalnya Anda menggunakan kata kunci “celana training pria” tetapi juga menjual celana training wanita. Sebaiknya juga menggunakan kata kunci “celana training” saja.

5. Cantumkan nama produk pada tittle gambar produk.

Sebagian besar pengguna toko online menamai gambar dengan kode untuk mempermudah pencarian di komputernya sendiri.

Namun tidak mencantumkan kata kunci, hasilnya ketika orang melakukan pencarian gambar di Google, produknya sangat jarang keluar. Sebaiknya masukkan kata kunci pada nama produk sebelum diupload.

6. Jangan membuat judul yang terlalu panjang

Nama judul yang terlalu panjang akan menyulitkan anda mendapatkan target pada mesin pencari. Lebih baik simpel, bisa dimengerti dan mengandung kata kunci. Anda tidak harus mencantumkan semua kata kunci pada satu produk, namun cukup satu yang paling menjadi target utama.

Optimasi nama atau judul produk ini termasuk dalam teknik SEO on page yang wajib dikuasai oleh siapapun penggiat internet marketing saat melakukan entry data.

Termasuk Anda sebagai pelaku utama, meskipun nantinya akan menggunakan bantuan penyedia jasa SEO Spesialist dengan teknik terbaru.

Jangan remehkan trik ini ini karena jika dilakukan jangka panjang akan jadi pondasi yang kokoh untuk memperkuat posisi Website pada hasil pencarian di situs penjejak termasuk posting yang akan diunggah.

SUMBER : Charliesianipar.com, Master SEO Indonesia.

(*) Konten negatif,  berita negatif, dan hoaks dapat merusak nama baik, mengganggu reputasi, dan meruntuhkan citra Anda. Diperlukan strategi manajemen reputasi (online dan public relations) yang tepat untuk memulihkan nama baik, menjaga reputasi, dan kemudian mengangkat citra institusi/personal Anda.

Budi Purnomo S.IKom, M.IKom bersama tim Rep+ (Reputasi Plus) dan tim Master SEO Indonesia, siap membantu institusi/personal yang menghadapi masalah komunikasi dengan pendekatan Crisis Management (CM), Cyber Public Relations (CPR), Online Reputation Management (ORM), dan Image Restoration Theory (IRT).

Baca juga, tulisan-tulisan Budi seputar solusi komunikasi, strategi public relations, manajemen reputasi, dan upaya-upaya restorasi citra, serta informasi lainnya di official weblognya, Budipurnomo.com